Multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan media cetak. Jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal, tergantung apa yang kamu minati dan dalami. Materi yang dipelajari pun sangat beragam, mulai dari televisi, ilmu film, jurnalisme, produksi video, media interaktif, hingga animasi komputer. Selain teori, tentunya bidang ini akan memberikan praktik seperti membuat website, membuat dan mengedit video, desain grafis, membuat animasi, dan membuat konten lainnya untuk berbagai jenis media.

Teknologi digital dan multimedia di zaman ini, sangat banyak digunakan dalam bidang komunikasi. Istilah “multimedia” diartikan sebagai ilmu komunikasi dengan menggunakan berbagai bentuk media, mengenai bagaimana dapat diaplikasikan secara kreatif dan komersial untuk melakukan sejumlah fungsi seperti untuk memberi informasi, menghibur, mengajak, dan menyarankan.

Pekerjaan Lulusan Jurusan Multimedia

1. Desainer Grafis

Profesi desainer grafis banyak dibutuhkan pada media-media seperti penerbit ataupun berbagai media cetak dan elektronik. Bidang pekerjaannya adalah membuat ilustrasi, tipografi, ataupun motion graphic dari sebuah produk atau jasa dengan membuat visual yang menarik. Kisaran gaji seorang desainer grafis adalah Rp.2.500.000-3.500.000.

2. Illustrator
Seorang ilustrator adalah orang yang bekerja khusus untuk membuat ilustrasi untuk menjelaskan maksud dari sebuah tulisan atau konten lainnya. Seorang ilustrator harus bisa bekerja baik secara manual menggunakan pensil dan kertas ataupun menggunakan komputer. Kisaran gaji seorang ilustrator adalah Rp. 3.500.000-Rp.5.000.000.

3. Web Designer
Seorang web designer bertugas untuk merancang sebuah web dengan tampilan dan konten yang menarik dan dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web. Kisaran gaji untuk seorang web designer adalah Rp.3.500.000-7.500.000.

4. Fotografer
Seorang fotografer harus bisa menciptakan foto yang bagus dan memiliki standar estetika melalui tangkapan objek yang direkam lewat lensa kameranya. Jasa fotografer banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan kegiatan. Kisaran gaji seorang fotografer adalah Rp.2.500.000-Rp.3.500.000.

5. Animator
Peluang atau prospek kerja multimedia selanjutnya adalah animator. Animator adalah orang yang membuat gambar animasi dengan teknik ilusi sehingga gambar diam tersebut bisa menjadi gambar bergerak. Kisaran gaji seorang animator adalah Rp.5.000.000-Rp.10.000.000.

6. Video Editor
Video editor adalah orang yang bertugas untuk menyunting dan menggabungkan potongan-potongan gambar video hingga menjadi satu cerita utuh. Video editor dapat bekerja di berbagai perusahaan media atau film. Kisaran gaji seorang video editor adalah Rp.3.500.000-Rp.5.500.000.

7. Kameraman
Kameramen adalah orang yang bertugas untuk mengoperasikan kamera dan merekam gambar sesuai arahan produser atau sutradara. Kameramen dapat bekerja di industri televisi atau film. Kisaran gaji seorang kameramen adalah Rp,2.500.000-Rp.3.500.000.

8. Sound Effect Maker
Sound effect maker merupakan orang yang bertugas menciptakan efek-efek suara buatan yang dibutuhkan untuk sebuah film atau konten video menggunakan software audio di komputer. Kisaran gaji seorang sound effect maker adalah Rp.2.500.000-Rp.3.500.000.

9. Music Composer
Music composer adalah orang yang bekerja untuk membuat musik ilustrasi atau menciptakan komposisi-komposisi musik lainnya. Saat ini music composer juga lebih banyak menggunakan peralatan digital. Kisaran gaji seorang music composer adalah Rp.3.500.000-Rp.6.000.000.

10. Youtuber
Profesi ini memang masih cenderung baru berkembang seiring dengan kemajuan internet. Saat ini youtuber sudah menjadi salah satu profesi dengan penghasilan menggiurkan. Gaji seorang youtuber juga tak terbatas sesuai dengan kreativitas yang bisa Kamu hasilkan.

 149 total views,  4 views today